Saturday, April 23, 2011

MASALAH BUNYI-BUNYIAN PADA RODA CERIA


Sore Ceria-ers...

sabtu kemarin saya sempatkan utk ngecek bunyi2an yang selama ini kita duga berasal dari roda dan sekitarnya. jadilah saya ke bengkel, mengemukakan pendapat saya dan mulai deh si merah dibongkar. ban depan semua dibuka, dicek roda dan karet2nya, ternyata aman.... malah shock-breaker (nulisnya bener ngga ya) dan as support yg kena :( pantesan ngga nyaman klo bawa si merah.
dan bunyi2an itu ternyata muncul krn karet stabil yg udah longgar, digantilah karet stabil itu, bodohnya saya ngga sempat di foto :(  harga utk karet stabil itu (4 atau 5 pcs) hanya 125rb dan ongkos pasangnya 100rb, utk as support dan shock breaker masih diakali dan sembari menunggu spare-part, hasilnya bunyi2an itu hilang *horeeeee*

kesimpulan : bunyi2an itu ngga selamanya berasal dari tie rod atau ball joint, bisa juga dari karet stabil yg sudah aus.
moga info ini membantu


salam,
devy

Yudi Gumilar
 to daihatsu_ceria
               
show details 12/22/10
               
Kang, support ternyata bisa diganti karetnya aja ya? Bisa lebih murah tuh jadinya.
Mengenai suara bletak kyk metal beradu, saya ga setuju klo sebabnya dari support. Klo diliat dari deket di seputaran kaki2 bawah, suara metal beradu menurut saya asalnya dari karet2 atau bushing2 yg sudah aus. Karena aus, ukuran bushing2 tersebut jadi tipis (kalau parah malah ancur), sehingga fungsi meredam getaran logam2 yang saling berhubungan menjadi berkurang, sehingga akhirnya keluar bunyi bletak atau "klang" seperti metal beradu saat ketemu jalan yg bergelombang.
Anyway, it's just my opinion.

Yudi Gumilar
Silver KX 2004, B8066UJ, 0811128121
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 comment: