Friday, April 29, 2011

Test Ceria Anda Bagi Pemula

Berikut Percakapan Saya (Newbie) dengan om Fukego (expert) di kaskus

Originally Posted by mistervicks View Post
om fukego kapan dong test drive si ciprut
bingung nih mulai dari mana benerinnya :S

fukego :
test 1:
nyalain mesin > rem tangan aktif > masukin gigi 1 > lepasin pedal kopling mendadak tanpa melepaskan rem tangan > bila mesin gak langsung mati (ada jeda) then your clutch is busted for sure


Originally Posted by mistervicks View Post
berapa lama jeda normalnya??

Fukego:
immediate
begitu under load (masuk gigi 1 lalu lepas kopling mendadak) tapi tanpa nginjek gas harusnya mesin langsung mati...apalagi rpm stasioner ciprut kan gak tinggi


Originally Posted by mistervicks View Post
okey besok pagi di tes
this prob silly question
- tes ini untuk mengukur/menganalisa apa om?
- kalau langsung mati artinya apa ya?
- jika tidak langsung mati, itu kenapa dan apa yg harus dilakukan?
- rpm stasioner yg rendah / tinggi itu artinya apa?

tks sudah luangkan waktunya ya


fukego:
untuk mengetahui koplingnya masih pakem atau tidak

kalau langsung mati berarti kampas kopling masih pakem nempel ke flywheel

kalau tidak langsung mati berarti kampas kopling ada gejala selip

rpm stasioner terlalu rendah, sirkulasi oli bisa terganggu.
rpm stasioner tinggi, mesin bisa overheat kalau mobil lama berhenti dalam keadaan mesin menyala atau berjalan pelan.
rpm stasioner ciprut merah udah pas koq, soal getaran itu nanti kita liat lagi kira-kira apa penyebabnya
bisa karena ada misfiring
bisa karena ada masalah di sekitar kopling

------

anda mengeluhkan pedal kopling yang harus ditekan dengan extra effort, dan mekanik bengkel pernah bilang release bearing harus diganti.

karena release bearing (throw-out bearing/dek laher) dan mekanisme lever/pengungkitnya memang terhubung langsung dengan pedal kopling,
maka kalau pedal terasa bermasalah kecurigaan langsung mengarah ke situ.

tapi beberapa kali saya alami, ternyata kabel koplingnya yang melar, udah waktunya diganti tapi gak diganti juga undefined


Originally Posted by mistervicks View Post
tadi pagi jantung saya ampir copot ciprut kayak mau loncat,
Test 1 selesai dengan hasil langsung mati mesinnya.
Next test?
Originally Posted by fukego View Post
tes jalan dikit...persneling di posisi 5, lepaskan kopling perlahan-lahan, pedal gas jangan ditekan.

kalau masih beringsut-ingsut jalan dan tidak mati berarti kampas kopling bagus,

dan keluhan anda (pedalnya berat sekali) penyebabnya adalah mekanisme clutch release (entah diafragma, lever, bearing, atau bahkan cuma kabel koplingnya)

kapan ya bisa kucoba test drive? lagi ribet nih sekarang, you know lah.


kalau mau diobatin kayaknya tetep turun mesin, oom.
tidak cukup ruang untuk melepas bell housing bila mesin masih duduk manis di engine bay yang imut itu.


Originally Posted by mistervicks View Post
oke test berikutnya dicoba sore ini
hari sabtu or minggiu ini ada rencana survey buat kopdar mei
ikut gak om siapa tau bisa test drive


oiya kemaren saya tes masuk gigi 5 dan kopling dilepas perlahan, hasilnya si ciprut ngga mau berenti om, jalan terus, nah itu gimana ?

No comments:

Post a Comment